Kota-kota di Indonesia

Luasnya wilayah dan banyaknya orang Indonesia menjadi alasan atas ragamnya jenis kota yang dapat ditemui. Wilayah berkaitan dengan tempat yang didasari oleh kondisi geografis yang berbeda-beda, sedangkan masyarakat berkaitan dengan kehidupan yang terjadi di kota-kota tersebut. Mudah saja untuk dapat mengklasifikasi keragaman kota-kota di Indonesia. Berdasarkan kondisi geografis, setidaknya ada tiga jenis kota di Indonesia, yaitu kota pelabuhan, kota pertambangan, dan kota perkebunan. 

Kota pelabuhan menjadi salah satu jenis kota dengan populasi terbesar. Dengan banyaknya aktivitas perdagangan di kota pelabuhan menjadikan banyak pula orang keluar-masuk ke kota tersebut. Contoh kota pelabuhan di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Surabaya, hingga Makassar. 

Kota pertambangan merupakan kota dengan aktivitas tambang yang berasal dari wilayah gunung yang menghasilkan banyak mineral. Contoh dari kota pertambangan yang paling terkenal adalah Kabupaten Mimika di Provinsi Papua yang didalamnya terdapat perusahaan tambang emas, Freeport.

Kota perkebunan adalah kota dengan dataran tinggi sebagai tempat berkebun. Kota-kota perkebunan sudah terbentuk sejak  zaman kolonial. Kota perkebunan di Indonesia biasanya menghasilkan komoditas kopi dan teh. Contoh kota perkebunan di Indonesia yaitu Bandung dan Bogor.

Dengan banyaknya keunikan secara geografis ini, kota-kota di Indonesia dapat bertransformasi sesuai dengan kehidupan masyarakat di dalamnya. Misalnya, kota pelabuhan dapat bertransformasi menjadi kota industri.




Komentar

Postingan Populer